25
Nov
14

Article: Want Blue Eyes With That Baby?: The Strange New World of Human Reproduction

Want Blue Eyes With That Baby?: The Strange New World of Human Reproduction

http://www.thedailybeast.com/articles/2014/11/24/want-blue-eyes-with-that-baby-the-strange-new-world-of-human-reproduction.html

18
Nov
14

Why Germans Work Fewer Hours But Produce More: A Study In Culture

germany

When many Americans think of Germany, images of WWII soldiers and Hitler often come to mind. But what many people don’t realize is that Germany is the industrial powerhouse of Europe, and is a leading manufacturer of goods for export to developing Asian nations. We don’t hear about the superiority of German engineering in Volkswagen commercials for nothing!

The economic engine of the EU, Germany single-handedly saved the Eurozone from collapse in 2012. At the same time, German workers enjoy unparalleled worker protections and shorter working hours than most of their global counterparts. How can a country that works an average of 35 hours per week (with an average 24 paid vacation days to boot) maintain such a high level of productivity?

Working Hours Mean Working Hours

In German business culture, when an employee is at work, they should not be doing anything other than their work. Facebook, office gossip with co-workers, trolling Reddit for hours, and pulling up a fake spreadsheet when your boss walks by are socially unacceptable behaviors. Obviously, in the United States these behaviors are frowned up on by management. But in Germany, there is zero tolerance among peers for such frivolous activities.

In the BBC documentary “Make Me A German“,  a young German woman explained her culture shock while on a working exchange to the UK.

“I was in England for an exchange… I was in the office and the people are talking all the time about their private things… ‘What’s the plan for tonight?’, and all the time drinking coffee…”

She was quite surprised by the casual nature of British workers. Upon further discussion, the Germans reveal that Facebook is not allowed in the office whatsoever, and no private email is permitted.

Goal-Oriented, Direct Communication Is Valued

German business culture is one of intense focus and direct communication. While Americans tend to value small talk and maintaining an upbeat atmosphere, Germans rarely beat around the bush. German workers will directly speak to a manager about performance reviews, launch into a business meeting without any ‘icebreakers’, and use commanding language without softening the directives with polite phrases.Whereas an American would say, “It would be great if you could get this to me by 3pm,” a German would say, “I need this by 3pm”.

When a German is at work, they are focused and diligent, which in turn leads to higher productivity in a shorter period of time.

Germans Have a Life Outside Work

Germans work hard and play hard. Since the working day is focused on delivering efficient productivity, the off hours are truly off hours. Because of the focused atmosphere and formal environment of German businesses, employees don’t necessarily hang out together after work. Germans generally value a separation between private life and working life.

The German government is currently considering a ban on work-related emails after 6pm, to counter the accessibility that smartphones and constant connectivity give employers to their employees. Can you imagine President Obama enacting such a policy in the United States?

To occupy their plentiful Freizeit, most Germans are involved in Verein (clubs); regularly meeting others with shared interests in their community. Common interests in Germany include Sportvereine (sports clubs), Gesangvereine (choirs or singing clubs), Musikvereine(music clubs), Wandervereine (hiking clubs), Tierzuchtvereine (animal breeding clubs – generally rabbits/pigeons) and collectors’ clubs of all stripes. Even the smallest village in Germany will have several active Vereinen to accommodate residents’ interests. Rather than settling in for a night of TV after work, most Germans socialize with others in their community and cultivate themselves as people.

Germans also enjoy a high number of paid vacation days, with many salaried employees receiving 25-30 paid days (the law requires 20). Extended holidays mean families can enjoy up to a month together, renting an apartment by the seaside or taking a long trip to a new, exciting city.

Business Respects Parenthood

Germany’s system of Elternzeit (“parent time” or parental leave) is the stuff of fantasy for most working Americans. The United States does not currently have laws requiring maternity leave, while Germany has some of the most extensive parental protection policies in the developed world. The downside of these maternity leave benefits is that employers may avoid hiring women (with the fear that they will take advantage of the extensive benefits), and German boardrooms are consistently male-dominated at a higher rate than other developed nations, although the government is working to eradicate this trend. The financial benefits of staying home (from both Elternzeitand Elterngeld or parents’ money programs) are often too good to pass up for German mothers, and can lead to stagnant or non-existent careers.

Since “at will” employment does not exist in Germany, all employees have contracts with their employer. Parents who have been gainfully employed for the previous 12 months are eligible for Elternzeit benefits, which include up to three years of unpaid leave with a “sleeping” contract. The employee is eligible to work part-time up to 30 hours while on leave, and must be offered full-time employment at the conclusion of the parental leave. Parents may also choose to postpone up to one year of their leave until the child’s 8th birthday. Either parent is eligible for parental leave, and many couples make the choice based on financial considerations.

In addition to the preservation of the employee’s contract, the state will pay up 67% of the employee’s salary (with a cap of 1800 Euros per month) for 14 months. Parents may split the 14 months however they choose. These benefits apply equally to same-sex couples.

Have you picked your jaw up off the floor yet?

Germany-landscape-germany-3923222-1024-768

Put Some German In Your Office

The German work culture is very different from the average American office, but there are certainly lessons to be learned from our German counterparts. The diligent focus Germans bring to their working life is to be admired. Separating work from play can help us lead a more balanced life; putting the phone down after hours gives us a mental break from stressing about work, and we can return to the office refreshed in the morning. When it’s time to get something done, closing Facebook and turning off push notifications helps keep our minds quiet and the flow steady. Direct conversation can lead to increased efficiency, and more clarity of communication among team members.

Americans often equate longer hours with increased production and superior work ethic, but examining the German model makes one wonder: When it comes to time at work, maybe less really is more!

28
Oct
14

St. Valentine’s Story

Let me introduce myself. My name is Valentine. I lived in Rome during the third century. That was long, long ago! At that time, Rome was ruled by an Emperor named Claudius. I didn’t like Emperor Claudius, and I wasn’t the only one! A lot of people shared my feelings.

Claudius wanted to have a big army. He expected men to volunteer to join. Many men just did not want to fight in wars. They did not want to leave their wives and families. As you might have guessed, not many men signed up. This made Claudius furious. So what happened? He had a crazy idea. He thought that if men were not married, they would not mind joining the army. So Claudius decided not to allow any more marriages. Young people thought his new law was cruel. I thought it was preposterous! I certainly wasn’t going to support that law!

Did I mention that I was a priest? One of my favorite activities was to marry couples. Even after Emperor Claudius passed his law, I kept on performing marriage ceremonies — secretly, of course. It was really quite exciting. Imagine a small candlelit room with only the bride and groom and myself. We would whisper the words of the ceremony, listening all the while for the steps of soldiers.

One night, we did hear footsteps. It was scary! Thank goodness the couple I was marrying escaped in time. I was caught. (Not quite as light on my feet as I used to be, I guess.) I was thrown in jail and told that my punishment was death.

I tried to stay cheerful. And do you know what? Wonderful things happened. Many young people came to the jail to visit me. They threw flowers and notes up to my window. They wanted me to know that they, too, believed in love.

One of these young people was the daughter of the prison guard. Her father allowed her to visit me in the cell. Sometimes we would sit and talk for hours. She helped me to keep my spirits up. She agreed that I did the right thing by ignoring the Emperor and going ahead with the secret marriages. On the day I was to die, I left my friend a little note thanking her for her friendship and loyalty. I signed it, “Love from your Valentine.”

I believe that note started the custom of exchanging love messages on Valentine’s Day. It was written on the day I died, February 14, 269 A.D. Now, every year on this day, people remember. But most importantly, they think about love and friendship. And when they think of Emperor Claudius, they remember how he tried to stand in the way of love, and they laugh — because they know that love can’t be beaten!

27
Oct
14

Untuk Apa Beragama? Benarkah Yang Penting Berbuat Baik Saja Sudah Cukup ???

Matius 22:34-40
Hukum yang terutama & pertama adalah : kasihilah Tuhan Allahmu dengan segenap hatimu, segenap jiwamu & segenap akal budimu. Hukum kedua yang sama dengan itu adalah : kasihilah sesamu manusia seperti dirimu sendiri. Pada kedua hukum inilah bergantung semua hukum.

Banyak orang & kita pun pernah berfikir : untuk apa beragama yang penting berbuat baik sudah cukup. Daripada mengaku beragama tapi perbuatannya tidak baik. Namun berbuat baik saja tidaklah cukup. Tindakan baik harus bersumber dari cinta kita pada Tuhan. Tindakan baik yang tidak bersumber dari iman hanya akan berhenti pada sikap manusiawi belaka. Tapi tindakan baik yang bersumber dari cinta pada Tuhan itu sungguh-sungguh merupakan tindakan iman.

Berdasarkan hukum utama & kedua tadi, jika manusia mencintai Tuhan Allahnya maka ia pun harus mencintai sesamanya. Mencintai Tuhan harus lah berbuah & buahnya itu tampak dalam cinta kita pada sesama.

Sebagai manusia lemah kita hanya berhenti pada salah satu sikap saja. Entah itu hanya mencintai Tuhan tanpa mencintai sesama, atau hanya mencintai sesama tanpa mencintai Tuhan.

Melalui sabda-Nya tersebut Yesus menuntut kita semua untuk selalu mencintai Tuhan tapi juga harus mencintai sesama kita.

Ya Allah dampingilah aku selalu untuk berani mencitai sesamaku seperti aku mencintai Engkau.

18
Feb
14

ISTRI YANG LEMOT

Ini adalah kisah nyata diambil dari Renungan : “Jagalah hatimu” Amsal 3:24

Jagalah hatimu dengan segala kewaspadaan, karena dari situlah terpancar kehidupan. Ayub 15:12

Mengapa engkau dihanyutkan oleh perasaan hatimu dan mengapa matamu menyala-nyala. Amsal 6:25. Janganlah menginginkan kecantikannya dalam hatimu, janganlah terpikat oleh bulu matanya.

Dalam sebuah keluarga hiduplah sepasang Suami-Istri, Pak Pendeta dan Ibu pendeta dan anak-anak tercinta di suatu desa terpencil. Sekian lamanya mereka kelihatan hidup tentram dan bahagia, sehingga tak terasa sudah sekian tahun mereka mengarungi bahtera rumah tangga, sifat dan karakter si suami sudah tak asing lagi buat si istri. Begitu pula halnya sang suami, sifat dan karakter istrinya sudah melekat erat dalam dirinya. Si suami merasa bersyukur sekali memiliki istri seorang pendeta dan si istri juga sangat bersyukur sekali punya suami seorang pendeta pula.

Suatu hari mereka diundang dari gereja resort untuk mengikuti dan bertanding koor di konser terbesar gereja-gereja di Bandung yang dikuti oleh para pendeta-pendeta seluruh gereja. Dan disediakan jemputan bagi daerah-daerah yang jauh (terpencil) dengan bus besar, dengan syarat, untuk daerah B harus menunggu jam sekian, di simpang B, dengan catatan siapa yang terlambat akan ditinggal, karena bus akan melaju dengan cepat. Dan kebetulan untuk daerah Pak Pendeta harus menunggu tepat jam 4 sore di simpang A karena acara akan dimulai jam 7 malam.

Demikianlah mereka saling mempersiapkan diri dari pagi, mulai dari baju, sepatu, tas, dasi, dan perlengkapan lainnya, sempat terbersit dalam pikiran si suami bahwa istrinya seorang yang lelet (lambat) apalagi soal berdandan bisa sampai berjam-jam lamanya. Dan suaminya berkata kepada istrinya, “Ma, ingat kita harus berangkat jam setengah 4, karena busnya akan datang jam 4, mama harus persiapkan semuanya, kalau perlu ke salon, mbok ya sekarang aja, biar ndak telat. Tapi sang istri dengan manis dan bangganya berkata, ndak perlu ke salon, wong dari dulu mama dandanan sendiri, kok papa ndak tau sih??? Sambil senyum-senyum sang suami menjawab, bukan begitu mam, maksudnya supaya kamu kelihatan lebih cantik dikit, beda dari yang sebelum-sebelumnya, inikan acara besar, apalagi nanti kita para pendeta duduknya paling depan jadi ndak malu-maluin, gitu lho! Mana tau pula kita menang!

Jawab si istri dengan ketus, jadi maksud kamu, selama ini gue ndak cantik! Jadi selama ini kamu bohong, dulu sebelum nikah bilangnya aku tercantik, seksi, jadi kamu nyesel kawin sama aku! Si suami kembali menjawab udah deh ma, aku ndak mau berantem, inget ma kita kan pendeta udah lahir baru lagi….

Chik. ..chik… chik..singkat cerita tibalah waktunya mereka harus berangkat, jam sudah menunjukkan pukul setengah 4 sore, Pak Pendeta sudah bersiap-siap dan kelihatan gagah dengan jasnya, tapi alangkah terkejutnya dia ketika masuk kamar, istrinya baru berpakaian, belum lagi dandan, nyisir rambut dan sebagainya.

Suaminya berkata dengan sedikit marah, dia berkata, mama cepetan kita hampir terlambat!

Istrinya menjawab: sebentar pa, 5 menit lagi pasti kelar, gue kan perlu sanggulan lagi.

Suaminya berkata lagi: apa? Sanggulan lagi? Ndak perlu pake sanggul-sanggulan lah…

Istrinya menjawab : tapi biar keliatan cantik & beda dong??? Lagian telat-telat dikit ndak apalah paling juga busnya jam karetan, jam Indonesia kan molor-molor setengah jam….

Dengan kesal suaminya menjawab, sambil keluar kamar dan berteriak : memang kamu dari dulu lelet, lambat, ndak pernah berubah, dari dulu ampe sekarang!

Si istri menjawab dengan berteriak pula, “baguslah, Tuhan Yesus aja ndak pernah berubah, dari dulu sekarang dan selamanya tau!

Demikianlah mereka keluar rumah jam setengah lima sore, di perjalanan si suami terus mengomel dengan istrinya..”kita pasti deh terlambat, dasar lelet….. lelet… lambat… lambat..akhirnya mereka sampai di simpang… 5 menit…. 10 menit mereka menunggu, tetapi bus tetap ndak nonggol-nongol…. ..”si suami sambil kesal dan marah berkata…”pasti busnya sudah berangkat, ini semua gara-gara kamu…..makanya jadi orang jangan lambat tau!”

Dengan tak ragu lagi Pak Pendeta pergi ke Wartel terdekat untuk menelpon ke kantor pusat pelayanan bus yang tertera di denah undangan konser itu. Ternyata bus yang akan menjemput mereka sudah berangkat setengah jam yang lalu, dan sekarang sedang dalam perjalanan menuju kota Bandung. Putuslah harapan Pak Pendeta, begitu marahnya dia sehingga dia hanya diam saja seolah enggan untuk berbicara kepada istrinya. Istrinya mencoba menghibur suaminya dan berkata, Pa, sabar aja, kita tetap doa mudah-mudahan ada mobil atau bus yang menuju ke Bandung, kita pasti belum terlambat. Sambil tetap menunggu, si istri tetap berdoa, Tuhan gimana ini, kami mau memujiMu berikanlah transportasi yang terbaik, kami tetap menunggu di simpang ini Tuhan, ampuni segala dosa kami….belum sempat Si Istri mengucapkan Amin, tiba-tiba suaminya berteriak, Ma, cepetan Ma itu ada bus yang hendak ke Bandung, katanya mereka mau ikutan tanding koor juga di konser itu. Secepat kilat Si Istri berkata dalam hati …..terima kasih Tuhan….Amin…..

Lalu mereka naik ke bus itu dan sambil berbincang-bincang, rupanya rombongan yang ada di bus ini juga ikut bertanding dalam koor nanti dari rombongan gereja lain di dekat desa mereka. Mereka mengaku bahwa mereka juga terlambat karena harus menunggu antrian lama di pom bensin. Tiba-tiba mereka dikejutkan dalam satu berita dipembicaraan telpon supir bus di depan.

Lalu supir itu berkata kepada para penumpang, Bus No. 412 yang berangkat ke Bandung jam 4 tadi mengalami kecelakaan jatuh ke jurang yang curam, belum diketahui berapa yang tewas dan berapa yang selamat, tapi menurut beritanya, bus dalam keadaan mengenaskan. Pak Pendeta dengan tercenggang dan berkata kepada istrinya…. .”Ma, itu kan bus yang akan kita tumpangi tadi….. kok bisa ya???? Si Istri dengan sedikit kurang percaya melihat kembali undangan itu, ternyata memang benar No. 412. Dan berkata kepada suaminya: “Untung pa, kita telat, kalo ndak udah tewas”. Tidak pikir panjang lagi, Pak Pendeta langsung merangkul istrinya dengan lembut, seakan dia tidak ingin kehilangan orang yang dicintainya seumur hidup.

Dalam hatinya ia berdoa, Tuhan terima kasih, Engkau masih mengizinkan kami untuk bersama dalam hidup ini, masih sempat lagi untuk memujiMu, terima kasih telah memberikan istri yang terbaik bagiku, terima kasih telah memberikan istri yang lelet kepadaku, aku bersyukur segala sesuatunya telah Engkau atur, segala sesuatu yang terjadi untuk mendatangkan kebaikan, terima kasih telah membuka mataku, aku akan menjaga hatiku kemanapun aku pergi, aku tak akan menodainya, aku tak akan menyakitinya, aku tak akan meminta lebih… lebih …lebih Tuhan…. terima kasih telah memberikan istri yang sepadan bagiku…… Amin. Pesan Pak Pendeta : kepada mereka yang belum memiliki pasangan hidup dan yang sedang mencari pasangan hidup,

  1. Cari dan mintalah kepada Tuhan pasangan yang SEPADAN, bukan untuk menjadi sama sepertimu, tapi untuk saling melengkapi. Walaupun kita sudah memilih yang banyak persamaan maka setelah menikah dengan segera, banyak orang menyadari bahwa mereka menemukan banyak perbedaan seperti cerita di atas.
  2. Terima apa adanya pasanganmu, sikapnya, sifatnya, temperamennya, karakternya. Dengan mulai menerimanya bahkan sering terjadi perubahan ke arah perbaikan.
  3. Kita tidak bisa merubah pasangan dengan mencela, menuntut, mengomelinya, mengungkit-gungkit kekurangannya. Penerimaan itu perlu, bahkan salah satu kebutuhan dasar seorang manusia. Penerimaan membuat orang merasa bahagia. Dan dari sikap hati bahagia justru muncul perbuatan-perbuatan yang simpatik.
  4. Alkitab mengajarkan bahwa, menikah untuk menjadi satu dan bukan untuk menjadi sama. Menikah untuk saling melengkapi sehingga gambar Allah menjadi lengkap dalam dua pribadi yang disatukan.

Jangan jadikan kecantikan dan kegantengan seseorang jadi the”FIRST ONE” tapi yang terpenting dari semua itu adalah seseorang yang engkau kasihi benar-benar mengasihi Tuhan Yesus, sehingga apapun masalah pada pasanganmu, dia tetap mencintai dan mengasihimu apa adanya. Siapapun orangnya, dia tetap berharga di mata Tuhan. Semoga diberkati dengan renungan ini.

11
Feb
14

KISAH 3 POHON

Alkisah, ada tiga pohon di dalam hutan. Suatu hari, ketiganya saling menceritakan mengenai harapan dan impian mereka. Pohon pertama berkata: “Kelak aku ingin menjadi peti harta karun. Aku akan diisi emas, perak dan berbagai batu permata dan semua orang akan mengagumi keindahannya” ..

Kemudian pohon kedua berkata: “Suatu hari kelak aku akan menjadi sebuah kapal yang besar. Aku akan mengangkut raja-raja dan berlayar ke ujung dunia. Aku akan menjadi kapal yang kuat dan setiap orang merasa aman berada dekat denganku”.

Lalu giliran pohon ketiga yang menyampaikan impiannya:

“Aku ingin tumbuh menjadi pohon yang tertinggi di hutan di puncak bukit. Orang-orang akan memandangku dan berpikir betapa aku begitu dekat untuk menggapai surga dan TUHAN. Aku akan menjadi pohon terbesar sepanjang masa dan orang-orang akan mengingatku.”

Setelah beberapa tahun berdoa agar impian terkabul, sekelompok penebang pohon datang dan menebang ketiga pohon itu… Pohon pertama dibawa ke tukang kayu. Ia sangat senang sebab ia tahu bahwa ia akan dibuat menjadi peti harta karun. Tetapi doanya tidak menjadi kenyataan karena tukang kayu membuatnya menjadi kotak tempat menaruh makanan ternak. Ia hanya diletakkan di kandang dan setiap hari diisi dengan jerami.

Pohon kedua dibawa ke galangan kapal. Ia berpikir bahwa doanya menjadi kenyataan. Tetapi… ia dipotong-potong dan dibuat menjadi sebuah perahu nelayan yang sangat kecil. Impiannya menjadi kapal besar untuk mengangkut raja-raja telah berakhir.

Pohon ketiga dipotong menjadi potongan-potongan kayu besar dan dibiarkan teronggok dalam gelap. Tahun demi tahun berganti…, dan ketiga pohon itu telah melupakan impiannya masing-masing.

Kemudian suatu hari…

Sepasang suami istri tiba di kandang. Sang istri melahirkan dan meletakkan bayinya di kotak tempat makanan ternak yang dibuat dari pohon pertama. Orang-orang datang dan menyembah bayi itu. Akhirnya pohon pertama sadar bahwa di dalamnya telah diletakkan harta terbesar sepanjang masa.

Bertahun-tahun kemudian…

Sekelompok laki-laki naik ke atas perahu nelayan yang dibuat dari pohon kedua. Di tengah danau, badai besar datang dan pohon kedua berfikir bahwa ia tidak cukup kuat untuk melindungi orang-orang di dalamnya. Tetapi salah seorang laki-laki itu berdiri dan berkata kepada badai: “Diam!!!” Tenanglah”. Dan badai itupun berhenti. Ketika itu tahulah bahwa ia telah mengangkut Raja diatas segala raja.

Akhirnya…

Seseorang datang dan mengambil pohon ketiga. Ia dipikul sepanjang jalan sementara orang-orang mengejek lelaki yang memikulnya. Laki-laki itu kemudian dipakukan di kayu ini dan mati di puncak bukit. Akhirnya pohon ketiga sadar bahwa ia demikian dekat dengan TUHAN, karena YESUSlah yang disalibkan padanya…

 

Percayalah kepada dengan segenap hatimu, dan janganlah bersandar kepada pengertianmu sendiri” (Ams. 3:5) ”

Memang benar kita semua punya mimpi-mimpi yang hancur dan Allah tetap berdiri di atas mimpi-mimpi kita yang hancur karena Dia memiliki mimpi yang lebih baik, lebih tinggi, lebih agung bagi kita.

11
Feb
14

TUHAN ITU ADA

Seorang konsumen datang ke tempat tukang cukur untuk memotong rambut dan merapikan brewoknya.
Si tukang cukur mulai memotong rambut konsumennya dan mulailah terlibat pembicaraan yang mulai menghangat. Mereka membicarakan banyak hal dan berbagai variasi topik pembicaraan, sesaat topik pembicaraan beralih tentang Tuhan.

Si tukang cukur bilang,”Saya tidak percaya Tuhan itu ada”.
“Kenapa kamu berkata begitu???” timpal si konsumen.
“Begini, coba Anda perhatikan di depan sana, di jalanan… untuk menyadari bahwa Tuhan itu tidak ada. Katakan kepadaku, jika Tuhan itu ada, Adakah yang sakit?? Adakah anak terlantar??
Jika Tuhan ada, tidak akan ada sakit ataupun kesusahan. Saya tidak dapat membayangkan Tuhan Yang Maha Penyayang akan membiarkan ini semua terjadi.”

Si konsumen diam untuk berpikir sejenak, tapi tidak merespon karena dia tidak ingin memulai adu pendapat.

Si tukang cukur menyelesaikan pekerjaannya dan si konsumen pergi meninggalkan tempat si tukang cukur.

Beberapa saat setelah dia meninggalkan ruangan itu dia melihat ada orang di jalan dengan rambut yang panjang, berombak kasar (mlungker-mlungker-istilah jawa-nya), kotor dan brewok yang tidak dicukur. Orang itu terlihat kotor dan tidak terawat.

Si konsumen balik ke tempat tukang cukur dan berkata, “Kamu tahu, sebenarnya TIDAK ADA TUKANG CUKUR.” Si tukang cukur tidak terima,” Kamu kok bisa bilang begitu??”

“Saya disini dan saya tukang cukur. Dan barusan saya mencukurmu!”

“Tidak!” elak si konsumen.
“Tukang cukur itu tidak ada, sebab jika ada, tidak akan ada orang dengan rambut panjang yang kotor dan brewokan seperti orang yang di luar sana”, si konsumen menambahkan.

“Ah tidak, tapi tukang cukur tetap ada!” sanggah si tukang cukur.
” Apa yang kamu lihat itu adalah salah mereka sendiri, kenapa mereka tidak datang ke saya”, jawab si tukang cukur membela diri.

“Cocok!” kata si konsumen menyetujui. “Itulah point utama-nya!
Sama dengan Tuhan, TUHAN ITU JUGA ADA !
Tapi apa yang terjadi… orang-orang TIDAK MAU DATANG kepada-NYA, dan TIDAK MAU MENCARI-NYA. Oleh karena itu banyak yang sakit dan tertimpa kesusahan di dunia ini.”

Si tukang cukur terbengong !!!




Calender

December 2016
M T W T F S S
« Nov    
 1234
567891011
12131415161718
19202122232425
262728293031  

Blog Stats

  • 99,257 hits

Authors

Twitter

Error: Please make sure the Twitter account is public.

Enter your email address to subscribe to this blog and receive notifications of new posts by email.

Join 17 other followers

RSS Related Websites

  • An error has occurred; the feed is probably down. Try again later.

Cara Cepat Cari Uang

lowongan kerja di rumah

Buy Text Link Easily

Earn money from your website/blog by, selling text links, banner ads - Advertisers can, buy links, from your blog for SEO. Get paid through PayPal

Web Hosting