12
Aug
09

SEBUAH WORTEL, SEBUTIR TELUR & SECANGKIR KOPI

Sebuah wortel, sebutir telut dan secangkir kopi……………kamu tidak akan pernah melihatnya dengan pandangan sama lagi pada secangkir kopi.

Seorang wanita muda datang kepada Ibunya dan menceritakan tentang kehidupannya yang sulit. Wanita muda itu merasa sudah tidak tahu lagi bagaimana dia mengatasi masalahnya dan ingin menyerah. Dia sudah lelah untuk berusaha dan berjuang. Terlihat seperti sauatu persoalaan selesai, persoalan yang lain datang lagi. Si Ibu membawanya ke dapur, dia mengisi 3 panci dengan air putih dan meletakan panic-2 itu di atas kompor, segera air dalam panci2 tersebut mendidih.

Pada panci pertama dia memasukkan sebuah wortel, panci ke-2 dia memasukkan sebutir telur, dan panci ke-3 dia masukkan sesendok biji kopi. Si Ibu membiarkan panci-2 itu diatas api sampai mendidih, tanpa mengatakan sepatah katapun. Sekitar 20 menit kemudian si Ibu mematikan kompornya dan mengambil wortel keluar dari panci pertama, meletakkannya dalam sebuah mangkok, begitu juga Ibu mengeluarkan sebutir telur dari panci ke-2 dan meletakkannya dalam sebuah mangkok dan terakhir si Ibu menuangkan air kopi dalam panci ke-3 ke dalam sebuah cangkir. Ibu membalikkan badan ke arah anak perempuan itu dan bertanya :”Katakan pada Ibu apa yang kamu lihat.” jawab anaknya: sebuah wortel, sebutir telur dan secangkir kopi. Ibu menggandeng anaknya lebih mendekat lagi dan meminta anaknya untuk meraba wortelnya. Si anak meraba wortel itu dan memahami kalau wortel itu empuk. Ibu meminta anaknya untuk memegang telurnya dan  memecahkan kulitnya, sesudah mengupas kulit telur, anak perempuan itu mengamati bahwa telurnya menjadi telur rebus yang keras. Akhirnya si ibu meminta anak perempuan itu tersenyum dan mencicipi sambil mencium bau kopi yang harum dan menyengat, kemudian dia bertanya kepada Ibunya: “Apa arti semua ini, Ibu ?” Ibunya menjelaskan bahwa setiap benda-2 tadi menghadapi masalah yang sama yaitu : AIR  MENDIDIH, Setiap benda bereaksi secara berbeda:

i. Wortel adalah benda keras, kuat dan tidak lunak; namun sesudah masuk ke dalam air mendidih, wortel menjadi lunak dan lemah.

ii. Telur adalah benda yang mudah pecah, kulitnya tipis dan berisi cairan di dalamnya, tetapi setelah masuk ke dalam air mendidih, cairan di dalamnya menjadi keras.

iii. Sesendok biji kopi adalah unik, namun sesudah masuk ke dalam air mendidih, biji-2 kopi itu merubah airnya.

“Menjadi yang manakah engkau?” si Ibu bertanya kepada anak perempuannya itu, “Bila kemalangan, kesengsaraan terjadi dalam hidupmu, bagaimana kamu mengatasinya?? Akankah kamu menjadi sebuah wortel, sebutir telur, ataukah secangkir kopi??” Pikirkanlah hal ini: “Yang manakah diri saya? Apakah saya sebuah wortel yang keras, tapi dengan kesakitan dan kemalangan, akankah saya menjadi lemah dan kehilangan kekuatan saya?” ataukah saya sebutir telur yang mulai dengan hati yang lunak, tapi berubah menjadi panas? Apakah semangat saya mencair, tapi sesudah adanya kematian, adanya perceraian, adanya kesulitan keuangan atau percobaan-2 lainnya, saya menjadi seorang yang keras dan kaku?? Apakah kulit luar saya nampak sama, tapi di dalam hati terasa pahit dan keras dengan semangat dan hati yang keras?” atau apakah saya secangkir kopi? Biji-2 kopi yang sebenarnya mengubah air panas dalam keadaan yang menyakitkan yaitu masuk ke dalam air panas, biji-2 kopi mengeluarkan BAU  HARUM  dan mempunyai  RASA.

Bila kamu seperti biji kopi, saat menghadapi kesulitan-2 hidupmu kamu menjadi lebih baik dan mampu mengubah keadaan di sekelilingmu. Bila saat tergelap dan cobaan-2 paling berat menimpamu, mampukah kamu naik ke tingkat kehidupan yang lebih tinggi???? Bagaimana kamu mengatasi kesulitan-2 hidupmu?? Apakah kamu sebuah wortel, sebutir telur ataukah secangkir kopi????  Semoga anda mendapat kebahagiaan secukupnya untuk membuatmu senang, mempunyai cukup pencobaan untuk membuatmu kuat, mempunyai cukup dukacita untuk membuatmu menjadi manusia dan mempunyai cukup harapan untuk membuatmu bahagia. Orang yang berbahagia tidak harus memiliki semua yang terbaik dalam hidupnya, mereka hanya mengambil yang terbaik dari semuanya yang datang dalam perjalanan hidup mereka. Masa depan yang cerah akan selalu berdasarkan pada masa lalu yang dilupakan, anda tidak dapat meneruskan hidup anda sampai anda mau melepaskan kegagalan-2 dan kesakitan-2 anda dimasa lalu.  INILAH  KEBENARAN—SEMOGA KITA SEMUA ADALAH KOPI.


0 Responses to “SEBUAH WORTEL, SEBUTIR TELUR & SECANGKIR KOPI”



  1. Leave a Comment

Leave a Reply

Please log in using one of these methods to post your comment:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s


Calender

August 2009
M T W T F S S
    Sep »
 12
3456789
10111213141516
17181920212223
24252627282930
31  

Blog Stats

  • 99,257 hits

Authors

Twitter

Error: Twitter did not respond. Please wait a few minutes and refresh this page.

Enter your email address to subscribe to this blog and receive notifications of new posts by email.

Join 17 other followers

RSS Related Websites

  • An error has occurred; the feed is probably down. Try again later.

Cara Cepat Cari Uang

lowongan kerja di rumah

Buy Text Link Easily

Earn money from your website/blog by, selling text links, banner ads - Advertisers can, buy links, from your blog for SEO. Get paid through PayPal

Web Hosting


%d bloggers like this: